NATA LASE
BiNusian weblog
Kisi-Kisi Digital Business and E-Commerce Management (MMSI)
Categories: Kuliah

Soal tahun 2019

Essay (60%)
1. Jelaskan perkembangan marketplace di Indonesia dan berikan alasan anda kenapa Tokopedia bisa dikategorikan marketplace? (Nilai 10)
2. Untuk melihat faktor lingkungan makro pada suatu perusahaan maka digunakan kerangka kerja SLEPT, SLEPT teridiri dari faktor Social, Legal, Economic, Politic, dan Technological. Menurut anda bagaimana faktor Technological pada e-commerce di Indonesia? (Nilai 10)
3. Menentukan infrastruktur e-business yang tepat sangat penting dilakukan karena akan berimplikasi pada kualitas layanan yang dirasakan oleh seluruh pengguna system. Sebut dan jelaskan 5 layer infrastruktur e-commerce? (Nilai 10)
4. Apa yang anda pahami dengan E-Marketing? Mengapa e-business penting menggunakan e-marketing ini? (Nilai 10)
5. Jika anda membuat suatu paper terkait dengan topik e-business:
a). Apa problem yang terjadi sehingga anda mengangkat judul dari paper anda? (Nilai 5)
b). Bagaimana penelitian terdahulu yang terkait dengan paper yang anda usulkan? (Nilai 5)
c). Bagaimana hasil dari paper anda? (Nilai 5)
d). Apa novelty yang dapat anda usulkan pada paper tersebut? (Nilai 5)

Kasus (40%)
Silahkan anda membaca studi kasus ini. Untuk menjawab pertanyaan berikut ini. Anda boleh menambahkan asumsi yang sesuai untuk memperjelas jawaban anda.
Kasus Tokopedia.com

Tokopedia.com merupakan salah satu pusat perbelanjaan online terkemuka di Indonesia yang mengusung model bisnis marketplace, yang memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk menawarkan produk mereka secara online. Sejak diluncurkan hingga tahun 2015, layanan dasar Tokopedia dapat digunakan secara gratis. Berkat peranannya dalam mengembangkan bisnis online di Indonesia, Tokopedia berhasil meraih penghargaan Marketeers of the Year 2014 untuk sektor e-Commerce pada acara Markplus Conference 2015 yang digelar oleh Markplus Inc.
Bila anda diminta untuk memberikan jasa consulting untuk Tokopedia, berikan masukan anda untuk Tokopedia sesuai topik pertanyaan berikut ini. Untuk informasi yang belum jelas atau tidak diketahui anda boleh mengembangkan asumsi yang sesuai.

Pertanyaan:
1. Strategi bisnis digital selalu mengacu pada penguatan Strategi value creation. Berikan usulan anda mengenai cara merancang strategi value creation novelty dan lock-in untuk Tokopedia. (Nilai 10)
2. Untuk menyorot beberapa masalah yang mungkin terjadi jika infrastruktur Tokopedia tidak dikelola dengan benar. Menurut anda apa masalah potensial bagi pelanggan jika infrastrukturnya tidak dikelola dengan benar dan bagaimana mengatasi masalah tersebut. (Nilai 15)
3. Seandainya CEO Tokopedia tertarik mengaplikasikan konsep Customer Relationship Management (CRM) untuk Tokopedia. Berikan gambaran usulan anda mengenai pemanfaatan konsep CRM untuk bisnis model Tokopedia. (Nilai 15)

Leave a Reply